Biografi Project Pop

Saturday 24 October 2009
Biografi :
Project Pop adalah: Djoni Permato (Udjo), Gumilar Nurochman (Gugum), Hermann Josis Mokalu (Yosi), Kartika Rachel Setia Redjeki Panggabean (Tika), Muhammad Fachroni (Oon), dan Wahyu Rudi Astadi (Odie).

Mereka resmi berdiri di tahun 1996, khusus dikaryakan oleh para tetuanya di Project P untuk menyanyikan lagu-lagu pop berbau komedi ciptaan sendiri, berbeda dengan Project P yang terkenal atas karya parodinya. Project Pop awalnya beranggotakan tujuh orang yang berasal dari Universitas Katolik Parahyangan dan Universitas Padjajaran, enam orang di atas ditambah seorang personil bernama Hilman.

"Lumpia VS Bakpia" menjadi lagu pertama dari album pertama, dan tepat pada saat itu pula, krisis moneter menghantam Indonesia. Mereka mengingat masa-masa ini sebagai masa sulit yang sekaligus mempererat pertalian Project Pop. "Kita juga nggak langsung kompak, karena kita datang dari berbagai kelompok yang berbeda. Lalu pas banget saat krismon itu, kontrak Project P juga habis dengan sebuah stasiun teve. Kontrak manggung tidak ada. Hidup hanya dari hutang dan sisa-sisa tabungan. Kalau ada tawaran manggung di Jakarta, kita naik mobil ramai-ramai. Mobil mogok di tengah jalan, kita malah foto-foto. Waktu itu juga, Tika sempat membintangi sebuah iklan, lalu hasil dari iklan itu untuk kita makan bareng-bareng," kenang Odie.

Di tahun 2000, Hilman keluar untuk membina karier di bidang lain, bersamaan dengan dirilisnya album kedua, Tu Wa Ga Pat. Menyusul album-album berikutnya, yaitu Bli dong Plis (2001), PopOK (2003), dan Pop Circus (2005), PopOK sempat meraih penghargaan double platinum, sementara video musik "Jangan Ganggu (Banci)" menjadi Video of the Year 2006 dari MTV Indonesia. Di Six-A-Six, mereka menggunakan pendekatan dengan musik ska, gaya perkusi Brazil yang mendapat warna lokal, sampai lirik khas Project Pop yang melihat kesedihan dari sisi lain.

"Kita tidak melihat kompetisi di luar seperti apa, tapi yang jelas kita selalu melakukan evaluasi. Seperti misalnya album pertama kita itu terlalu absurd, sementara kita kurang memperhatikan sisi bernyanyinya. Di album kelima, kita terlalu perhatian pada musik sampai-sampai kemudian muncul anggapan bahwa kita jadi idealis, atau kurang lucu lagi," jelas Oon. "Jadi sekarang kita nggak mau memperhatikan apa-apa lagi. Hahaha. Tapi bagi gue sendiri, ini merupakan album yang paling menyenangkan untuk dikerjakan," tambah Udjo dengan bercanda. Tahun 2008 mereka merilis album The Best of Project Pop. Dan di tahun 2009 mereka merilis album terbaru Yo Got Project

Diskografi :
1. Album: 1996 - Bakpia Vs Lumpia
2. 2000 - Tu Wa Ga Pat
3. 2001 - Bli Dong Plis
4. 2003 - Pop OK
5. 2004 - Pop Circus
6. 2007 - Six a Six
7. 2008 - Top Of The Pop
8. 2009 - You Got Project Pop

http://www.rollingstone.co.id/

Tag »

No comments